Komputasi Bergerak

Komputasi dapat diartikan sebagai cara dalam menemukan pemecahan suatu masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Pada tahun – tahun yang dahulu, perhitungan dan komputasi pada umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Pada zaman sekarang ini, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.

Komputasi bergerak atau biasa disebut dengan mobile computing adalah sebuah komputasi menggunakan teknologi yang tidak terhubung secara fisik, atau dalam jarak jauh dan dikemas secara unik dan menarik dalam bentuk mobile, sehingga pengguna komputer dapat lebih maksimal disetiap tempat. Sistem komputasi bergerak merupakan sistem komputasi yang dapat dengan mudah dipindahkan secara fisik dan kemampuan komputasi yang dapat digunakan ketika mereka sedang dipindahkan. Contohnya adalah laptop, personal digital assistant (PDA), dan ponsel. Dengan membedakan sistem komputasi mobile dari sistem komputasi lain kita bisa mengidentifikasi perbedaan dalam kinerja bagaimana dirancang, digunakan dan diatur dalam pembuatan system tersebut. Ada beberapa hal yang sistem komputasi mobile dapat melakukan apa yang tidak dapat dilakukan oleh system komputasi yang statis/stasioner.

Saat ini Mobile computing tidak terlepas dari dunia telekomunikasi bergerak/mobile communication meski cakupan mobile computing tidak hanya ada pada komunikasi mobile, Karena itu pembahasan awal ini akan dititik beratkan pada teknologi komunikasi mobile dan untuk selanjutnya akan dibahas mengenai aplikasi mobile.

Para pengguna mobile dapat memiliki akses ke dalam informasi yang berada dijaringan statis pada saat mereka sedang berpergian yang dikenal dengan mobile computing / komputasi bergerak. Mobile computing menyediakan aplikasi data intensif dengan manfaat teknologi nirkabel, dan mobile technology untuk mendung suatu aplikasi seperti ini yang disebut sebagai mobile database.

Para penyedia layanan mobile akan memberikan sejumlah layanan informasi diantaranya informasi tentang cuaca, berita, informasi indeks saham, valuta asing, wisata, jadwal penerbangan dsb.

Beberapa dari contoh mobile computing

1. Computer Portable
Portabel komputer adalah sebuah computer yang dapat dengan mudah dibawah kemana saja
2. Tablet PC
Tablet PC adalah computer yang berbentuk seperti sebuah buku yang biasa disebut dengan Ipad. Dengan memiliki beberapa kelebihan yakni dengan adanya teknologi layar sentuh .
3. Internet Tablet
Internet tablet adalah berbagai alat mobile internet yang dibuat dan difokuskan hanya untuk internet dan fitur – fitur media lainnya
4. PDA
PDA adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa kemana-mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio, perekam video, dan pencatat memo.
5. Ultra Mobile
Ultra mobile PC atau yang lebih dikenal dengan Micro PC adalah komputer ekstra mini yang bisa dibawa kemana – mana, berlayar sentuh, dapat memutar film dan lagu, bermain game dana dapat digunakan untuk mengerjakan tugas kantor. Alat ini dikembangkan oleh Microsoft bekerja sama dengan ASUS, Samsung dana Founder.
6. Smart Phone
Smart Phone adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, dan kadang memiliki fitur yang menyerupai komputer.

Refrensi : http://blogdosen.unsada.ac.id/adam_arif/?p=207


Leave a comment